Ringkasan akidah akhlak kelas xi semester 1 bab akhlak memakai baju dll

Materi : Perilaku terpuji.

  1. A.      AKHLAK BERPAKAIAN
    1. Pengertian akhlak berpakaian
      pakaian adalah segala sesuatu yang dikenakan seseorang dalam berbagai ukuran dan modenya baik berupa baju,celana dsb, yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakai demi tujuan yang bersifat umum atau khusus, dan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.
    2. Bentuk akhlak berpakaian
      pakaian menurut pandangan islam dikategorikan menjadi dua, yaitu pakaian untuk menutup aurat tubuh yang berkembang dan melahirkan kebudayaan bersahaja. Yang kedua pakaian merupakan perhiasan yang menyatakan identitas diri. Dalil al-qur’an tentang berpakain ada pada surah al-a’raf ayat 7.
    3. Nilai positif akhlak berpakaian
      agama islam mengajarkan supaya para pemeluknya berpakaian yang baik dan bagus sesuai dengan kemampuannya. Dalam pengertian bahwa pakaian tersebut memenuhi tujuan berpakaian, yaitu menutupi aurat dan keindahan, tentunya juga bersih. Dan fungsi daripada pakaian sangat banyak dan bermanfaat seperti: melindungi kulit dari sinar ultraviolet, debu, dan panas.
    4. Membiasakan akhlak berpakaian
      Dalam islam telah diatur tentang cara berpakaian yang baik dan etika berbusana dalam islam. Tidak dibenarkan seorang muslim atau seorang muslimah berbusana hanya berdasarkan kesenangan dan mode, atau adat yang berlaku tetapi melanggar batas-batas yang telah ditentukan agama.

 

  1. AKHLAK BERHIAS
    berhias merupakan salah satu naluri manusia dalam membuat diri tampil lebih menarik,
  2. Pengertian berhias
    Secara istilah berhias memiliki arti mempercantik diri berdasarkan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, maka perspektif tentang berhias adalah boleh dan dianjurkan selama tidak bertentangan dengan prisnsip dalam islam.
  3. Bentuk akhlak berhias
    Bentuk berhias dalam Islam tidak hanya dalam bentuk sebatas berpakaian, tetapi mencakup seluruh piranti yang lazim digunakan untuk mempercantik diri. Larangan berhias secara berlebihan terdapat pada surah al-ahzab ayat 33. Larangan Allah dalam ayat tersebut lebih menekankan pada kepada wanita.
  4. Nilai positif akhlak berhias
    Seorang muslim ataupun muslimah yang berdandan sesuai dengan ketentuan islam, maka mereka insyaallah mereka akan tampil dengan bersahaja,dan berwibawa sebagai cermin diri yang konsisten dalam berhias secara syariat.
  5. Membiasakan akhlak berhias
    Berhias seperti yang kita tahu sangat dianjurkan dalam islam secara baik , bagus, dan indah tentunya juga sesuai dengan kemampuan masing-masing.

 

 

 

  1. AHLAK PERJALANAN
    Pada masyarakat perjalanan merupakan bagian mobilisasi kehidupan yang berarti, semakin kehidupan seseorang maka semakin sering seseorang melakukan perjalanan untuk memenuhi kehidupan. Contohnya berdagang, seperti yang dilakukan Rasulullah.
  2. 1.       Pengertian akhlak perjalanan
    Perjalanan dalam bahasa arab disebut rihlah-safrah-masÌrah. Sejak masa Rasulullah SAW perjalanan sudah menjadi tradisi di kalangan bangsa arab, tidak heran jika islam sebagai satu-satunya agama yang mengatur kegiatan manusia dalam melakukan perjalanan, mulai dari keberangkatan sampai kembali kerumah.
  3. 2.       Bentuk akhlak perjalanan
    Islam mengajarkan agar setiap perjalanan yang dilakukan untuk mencari ridha Allah SWT. Sebagai pedoman, islam mengajarkan adab melakukan perjalanan antara lain:
  • Bermusyawarah dan melakukan istikharah
  • Mengembalikan hak dan amanat kepada pemiliknya
  • Membawa enam benda yang dianjurkan Rasulullah S.A.W.
  • Mengajak istri ataupun anggota keluarga yang lain
  • Wanita tidak boleh pergi seorang diri
  • Memilih pendamping yang shaleh.
    dan sebagainya.
  1. Nilai positif akhlak perjalanan
    Banyak sekali manfaat dari perjalanan antara lain:

    1. Perjalanan dapat menghibur diri dari kesedihan
    2. Sarana mencari nafkah
    3. Insyaallah dapat mengantar seseorang untuk memperoleh ilmu
    4. Dapat mengenal adat kesopanan di tempat lain
    5. Insyaallah akan dapat menambah kawan yang baik dan mulia
    6. Membiasakan akhlak perjalanan
      Dengan membiasakan akhlak perjalanan maka seseorang insyaallah akan mendapat manfaat yang besar seperti, menambah wawasan, pengalaman dsb. Tetapi hendaklah dalam melakukan perjalanan kita selalu berserah diri kepada ALLAH SWT.

 

  1. AKHLAK BERTAMU
    Dalam kehidupan bermasyarakat kita tidak bisa terlepas dari kegiatan saling mengunjungi yang disebut juga bertamu berikut tentang akhlak bertamu.
  2. Pengertian akhak bertamu
    Bertamu merupakan tradisi yang sampai saat ini tetap terjaga di masyarakat, bahkan kebiasaan ini takkan bisa dihlangkan. Bertamu memiliki manfaat seperti menjaga tali persaudaraan dsb.
  3. Bentuk akhlak bertamu
    Sebelum kita bertamu kita harus tahu akhlak orang yang mau bertamu yang kurang lebih antara lain:

    1. Hendaklah meminta izin untuk bertamu dan mengucapkan salam
    2. Jangan bertamu sembarang waktu, bertamulah disaat yang tepat dan usahakan sudah memberitahu sebelumnya
    3. Janganlah terlalu lama bertamu
    4. Jangan melakukan yang menyebabkan tuan rumah terganggu
    5. Kalau disuguhi minuman atau makanan maka hormatilah jamuan itu
    6. Hendaklah berpamitan waktu pulang
    7. Nilai positif akhlak bertamu
      Bertamu secara baik dapat menumbuhkan sikap toleran terhadap orang lain dan menjauhkan sikap paksaan,tekanan, dan intimidasi. Bertamu dapat digunakan sebagai media berdakwah,dan meningkatkan kualitas diri seorang muslim.
    8. Membiasakan akhlak bertamu
      Sesunggunhya kegiatan bertamu itu kegiatan yang cukup mengasyikkan. Dengan bertamu maka insyaallah kita akan dapat menambah wawasan,dan insyaallah dapat untuk menciptakan persaudaraan dan kerukunan umat manusia, tetapi haruslah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dalam islam.

 

  1. AKHLAK MENERIMA TAMU
    Islam memberikan aturan dalam menerima tamu bagi setiap muslim, karena memuliakan tamu merupakan perintah dari Allah SWT. Berikut ini merupakan pengertian, cara , dan nilai positif, serta cara membiasakan menerima tamu.
  2. Pengertian akhlak menerima tamu
    Menerima tamu dimaknai menyambut tamu dengan baik dan disambut dengan cara yang wajar.
  3. Bentuk akhlak menerima tamu
    Dalam Islam kita disuruh untuk memuliakan tamu dan merupakan keharusan, cara menerima tamu antara lain seperti, menyambut dengan ramah, menjamunya, dan bila tamu ingin menginap maka izinkanlah paling tidak 3 hari.
  4. Nilai positif menerima tamu
    Nilai positif dalam menerima tamu diantaranya, insyaallah dapat meningkatkan kesabaran, mengembangkan kepribadian, insyaallah dengan memuliakan tamu dapat dijadikan sarana mendapatkan kemaslahatan dari ALLAH SWT.
  5. Membiasakan akhlak menrima tamu
    Menerima tamu merupakan bagian dari aspek social dalam ajaran islam yang harus terus dijaga. Dalam membiasakan menerima tamu maka kita hendaknya bersikap husnuzan, senyum ikhlas, dan bersikap baik.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s